Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Situs Microstock Terbaik Untuk Contributor!

Daftar Situs Microstock Terbaik!

Rekomendasi Situs Microstock Terbaik
 - Bagi seorang Desainer Grafis, Fotografer, atau ilustrator, salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet yaitu dengan menjual hasil karyanya secara digital atau dengan menjadi kontributor di situs-situs microstock seperti yang akan kita bahas kali ini.

Sebelumnya saya juga sudah menulis artikel tentang Mengenal industri microstock? dan ini merupakan artikel lanjutanya.


Apa itu situs Microstock?

Situs Microstock merupakan digital agency tempat industri kreatif yang menawarkarkan berbagai hasil grafis, yang bisa juga memungkinkan seorang desainer untuk bergabung menjadi (contributor) dan menjual karya mereka melalui situs microstock tersebut. 

Singkatnya, Peran situs microstock disini adalah memasarkan dan menunjang kegiatan jual beli karya kreatif tersebut secara digital.


Rekomendasi Daftar Situs Microstock Terbaik!

Berikut adalah beberapa situs microstock yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya dan sudah dibuktikan oleh banyak orang termasuk saya sendiri.

1. Freepik

Freepik

Rekomendasi pertama yaitu Freepik, tujuan mereka adalah menawarkan konten berkualitas tinggi terbaik: ilustrasi, foto, ikon, maket, dan template presentasi. 

Freepik juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar dan para desainer grafis terkenal, ini menjadi peluang buat kamu jika memiliki potensi karya dengan kualitas grafis yang bagus, sangat saya rekomendasikan bergabung disini.

Menjadi contributor freepik

Freepik membuka program Kontributor pertama di tahun 2015, untuk para desainer mendapatkan penghasilan dari karya mereka.

Saat pertama bergabung kita akan melalui seleksi terlebih dahulu. Kita harus mengirimkan 20  sample karya. Bisa dikatakan, seleksi disini lumayan ketat karena sesuai tujuan kualitas perusahaan mereka, Sebelum join kalian wajib membaca persyaratan untuk menjadi kontributor freepik.

Earning & Withdrawal

Freepik membayar untuk setiap konten premium yang kita upload, dan tidak ada ada harga tetap untuk setiap pengunduhanya. 

Sistem penghasilannya berdasarkan subscription, jadi Rata-rata total langganan harian akan dibagi dengan jumlah unduhan untuk menghitung harga "per file" untuk hari itu, kemudian dikalikan dengan 0,5 untuk menghitung tarif 50%.

Untuk withdrawal di contributor freepik, kalian bisa menggunakan paypal atau payonoer dengan minimal :

  • Paypal : minimum 100 USD/EUR 
  • Payoneer : minimum 50 USD/EUR 
Buat yang ingin mendaftar bisa langsung ke Contributor Freepik!

2. Shutterstock

Shutterstock

Shutterstock adalah situs microstock populer serta menjadi situs pertama yang saya gunakan. 

Fokus market ini adalah foto, fotage, dan juga vector. Didirikan pada tahun 2003 dan sejak itu mereka sudah memperoleh jutaan customer secara global. Dengan demikian kita bisa memulai tanpa perlu memikirkan pemasaranya.

Saat ini Shutterstock membayar kontributor dalam tingkatan berdasarkan jumlah download pada setiap tahun. Kita akan mendapatkan  15% hingga 40% untuk unduhan gambar dan video. 

Minimal penarikan yaitu hanya $35 dalam setiap bulanya!

Bagi teman - teman yang suka buat vidio fotage  sangat saya rekomendasikan mencoba upload ke shutterstock, karena bayaran per-downloadnya bisa dikatakan lebih tinggi. 

Bagi yang ingin langsung nyoba, bisa daftar melalui situs contributor Shutterstock!


3. Adobe Stock

Adobe Stock
Situs selanjutnya adalah Adobe Stock yang juga menjadi situs microstock favorit saya, disini mereka menerima stock foto, ilustrasi, vektor, video fotage, dan template desain.

Untuk Earning Rata-rata Adobe Stock membayar royalti tetap sebesar 33% untuk foto, vektor dan 35% untuk vidio. Mereka juga memiliki tingkatan pembayaran :
  • 0-1000 unduhan akan memberi Anda $0,33 per unduhan
  • 1000-10000 akan menghasilkan $0,36 
  • $0,38 untuk lebih dari 10.000 unduhan. 
minimum pembayaran di adobe stock adalah $25 dan Kalian bisa withdraw ke PayPal, Payoneer, atau Skrill setiap 45 hari dari penjualan pertama. 

4. Vecteezy

Vecteezy
Mungkin beberapa dari kalian sudah sering melihat situs microstock satu ini, Vectezy berfokus untuk menyediakan foto, vector, dan vidio yang berkualitas.

Mereka juga membuka peluang bagi fotografer, ilustrator, atau videografer yang produktif, dan untuk bergabung tentunya kalian harus memiliki kualitas karena disini seleksi untuk setiap karyanya lumayan ketat.

Vectezy membayar dengan sistem "Subscriber Share Model" dimana earning yang kita dapat akan dihitung bagi hasil 50% tanpa ada harga minim, ini cukup tinggi dari para pesaingnya. Selengkapnya bisa baca vecteezy.com/deals.

Untuk withdrawal kita harus mengumpulkan earning sebesar 25$ dan bisa di tarik melalui paypal atau payoneer.

5. Dreamstime

Dreamstime
Dreamstime merupakan agen microstock dari AS yang didirikan tahun 2000 dan kemudian berkembang menjadi web fotografi saham Bebas Royalti  berbasis komunitas yang aktif.

Dari data statistik mereka pada November 2021, Dreamstime memiliki 39.000.000 member terdaftar dari seluruh dunia.

Pada setiap transaksi, kontributor menerima Bagi Hasil 25-50%, yang dihitung berdasarkan jumlah bersih untuk transaksi tersebut. dan bonus tambahan $0,20 untuk setiap 100 pengiriman karya pertama yang disetujui.

Minimum penarikan yaitu 100$ yang bisa di tarik langsung ke rekening digital kita.

6. Istock 

Istock by GettyImage
Situs microstock selanjutnya yaitu Istock yang merupakan anak perusahaan dari Getty Images, disini kita dapat menjual foto, ilustrasi, video dan audio.

Saat mendaftar kontributor Istock kita akan di seleksi dahulu, selain itu disini kita dapat menjual karya dengan lisensi eklusif.

Tarif royalti mulai dari 15% untuk foto dan 20% untuk video dan ilustrasi. Kontributor eksklusif dapat memperoleh antara 25% dan 45%.

Pada saat diterima, kita akan mendapat email selamat datang dan disuruh untuk melengkapi profil pembayaran dan pajak, kita dapat mengaturnya sendiri. Untuk penarikan bisa dilakukan melalui Payoneer atau PayPal.

7. 123RF

123RF

Situs microstock yang sudah populer salah satunya 123RF ini. Telah berdiri dari 2005, berfokus untuk membantu startup dan bisnis lokal, mereka menawarkan harga penjualan yang lebih rendah dari agency lainya. Bahkan, banyak 
stock grafis yang bisa kita dapatkan secara gratis disini.

Selain itu mereka juga membuka program kontributor, dimana kita bisa menyediakan karya dalam bentuk eklusif berbayar atau membagikannya secara gratis.

Lanjut ke bagian earning, untuk contributor mereka memberikan royaliti per download yaitu berdasarkan level yang di tentukan dari jumlah unduhan, 

Kontributor level 1 akan mendapat 0,216$ dan 30% credit dan untuk level tertinggi 8 akan mendapat $0.432 serta 60% credit / per download, untuk lebih detailnya bisa lihat disini.

Minimum pembayaran contributor 123RF adalah 50$ dan bisa kita atur melalui profil pembayaran.


8. VectorStock

VectorStock
VectorStock adalah agen stock berupa gambar, grafik, ikon & ilustrasi hanya Vektor terbaik dengan penawaran penjualan harga rendah yang bisa bersaing dengan microstock lainya. 

Selain itu mereka juga menawarkan program contributor dengan bayaran perdownload dengan sistem Lisensi, untuk lebih detailnya bisa lihat Faq artist dan mendaftar menjadi contributor vectorstock!

9. Pngtree

Pngtree

Pngtree menjadi agency stock grafis yang menarik. Berfokus ke file png, vektor, template, dan ilustrasi kreatif berkualitas tinggi, mereka mempunyai visi untuk membantu menghemat waktu dan efisiensi para desainer di seluruh dunia.

Mereka juga telah memiliki 30 juta desainer dan pengguna, serta selalu membuka peluang untuk para creator baru yang ingin bergabung bersama mereka.

Disini kita mendapatkan earning per download, selain itu  Pngtree juga sering mengadakan event - event dengan hadiah yang cukup menggiurkan untuk para kontributor mereka, biasanya event tersebut di adakan menjelang hari nasional seperti valentine.


10. Depositphotos

Depositphotos

Depositphotos merupakan platform komersial yang sudah ada sejak 2009. Menyediakan stok foto, grafik, vektor, dan video berkualitas tinggi, serta sudah banyak dikenal oleh para creator desain grafis.

Depositphotos juga  competible untuk para pemula. Disini kita mendapat bayaran per download, saat ini $0,25 – $33,82 per 1 foto  dan $3,83 – $64,22 per vidio, jadi sangat cocok buat kalian yang hobi fotografi dan ilustrator.


11. Alamy

Alamy - rekomendasi situs microstock Fotografi

Alamy adalah agency Microstock yang sudah ada di 173 Negara, program kontributor mereka sangat menarik bisa kamu coba khususnya para fotografer.

Mereka berfokus pada bidang fotografi. Tetapi, mereka  juga menawarkan stock berupa vector dan vidio.

Dalam presentasi penjualan mereka akan membayar lebih tinggi, yaitu hingga 50% dari penjualan langsung, dan untuk minimal penarikan adalah 50$.

Alamy juga terkenal akan misi mereka yaitu, "Mengubah dunia satu gambar pada satu waktu." Saat kita bergabung tentunya kita bisa memilih opsi sesuai keahlian kita.


Menjadi Desainer Eklusif

Selain menjadi contributor kalian juga bisa mendaftar sebagai Desainer Eklusif yang tentunya memiliki syarat dan standart ketentuan yang berbeda, mungkin di next artikel saya akan membahasnya.


Kesimpulan,

Nah itulah pembahasan Mengenai Daftar rekomendasi situs Microstock  terbaik di akhir tahun 2021 ini, untuk lebih detail kalian juga dapat membaca langsung melalui situs mereka yah.

semoga bermanfaat, terimakasih sudah mampir...
Diwan WR
Diwan WR Hanya seorang pemuda yang haus akan Ilmu, Hobi mencari hal baru serta mempelajarinya, selagi masih hidup ea :D