Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Industri Microstock, Ladang Passive Income Para Digital Creative!

Mengenal Bisnis Microstock - Bagi kamu yang suka foto - foto, suka buat vector art, atau buat vidio aesthetic, mungkin ini bisa jadi Ladang Pasive Income kamu di dunia digital, yuk simak!

Mantap udah lama nih nga nulis di blog ini, mungkin udah banyak yang tahu, tapi gpp.. disini saya mau bagiin topik yang menarik bagi saya tentang microstock.

Apa itu Microstock?


Bagi temen - temen yang sudah berkarir di Fotografi mungkin sudah tau, kalau dari wikipedia sendiri dikenal Fotografi microstock adalah bagian dari industri fotografi.

Tapi Microstock disini tidak sebatas fotografi saja tapi menyeluruh, bisa berupa seni vector, vidio fotage, gambar ataupun audio. bisa baca langsung sejarahnya via wikipedia

Jadi singkatnya, Micsrostock merupakan sebuah bisnis/industri di dunia kreatif yang mencakup foto, vector, fotage, audio dan sejenisnya.

Digital Microstock Agency

Shutterstock

Karena kita membahas topiknya dalam ranah digital, kita dapat mengenal Digital Microstock Agency atau sekarang sudah banyak dikenal situs microstock yang memungkinkan kita menjadi contributor disana.

Beberapa perusahaan yang dianggap sebagai agen microstock utama seperti Shutterstock , Dreamstime, Adobe stock, Vectorstock, Vectezzy, iStockphoto, 123rf, Depositphotos, dan masih banyak lagi.

Tapi, Sebelum itu kita perlu tahu dulu!

Persiapan Sebelum Bergabung ke Dunia Microstock!

Source : knowyourmeme

Sebelum bergabung dan mendaftar sebagai kontributor ke situs-situs microstock, hal yang terpenting kita perlu punya skill atau cara yang bisa menghasilkan suatu karya dari hasil kita sendiri

Kenapa ini penting? karena sesuai pengalaman saya, banyak teman-teman yang bergabung menjadi hanya untuk mendapatkan uang saja, sebenarnya tidak masalah karna itu memang jadi tujuan awal kita, Namun dengan begitu bisa membentuk mindset yang kurang tepat, karena yang lebih berarti adalah prosesnya dan hasil kedepanya.

Akhir - akhir ini juga sudah banyak akun kontribuor yang di "banned" karena menjual hasil karya orang lain untuk meraih keuntungan dengan cara instant yang jelas tidak berkah cuk...

Jadi lebih baik berkreasi dan berkarya dengan jalan ninja yang benar ya cuy...


Menjadi Contributor Microstock

Nah topik inti kita kali ini ada disini, yaitu contributor microstock di dunia digital. Dimana kita bisa menjual karya kita di agen microstock terkenal, tanpa harus datang dan mengajukan secara offline.

Disini kita bisa bebas berkreasi menawarkan karya dan kualitas tanpa perlu memikirkan pemasaran, izin,dll. Semua itu sudah disiapkan oleh perusahaan Agency Microstock tersebut, jadi kita bisa lebih fokus berkarya

Bahkan banyak yang menjadikan bisnis Microstock Digital ini sebagai pekerjaan tetap, karna sudah cukup bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

Keuntungan Menjadi Microstockers!


Hal ini yang membuat saya tertarik dengan dunia microstock, yaitu sebuah keuntungan/hasil yang luas.

Keuntungan Pertama kita bisa menghasilkan profit tambahan dari hasil kita sendiri tanpa harus ribet promosi sini-situ, revisi tanpa uang lembur, mikirin deadline, dll...

Ladang Pasive Income
Nah ini yang paling menarik, saya memanfaatkan pasif income dari bisnis micsrostock ini karena karya yang kita jual itu dengan berbagai lisensi, terutama dengan submit sekali, karya kita dapat di beli tidak hanya sekali (tergantung lisensi yang kita pilih). yang tentunya ini bisa kita manfaatkan sebagai pasif income.

Portofolio Digital 
Selanjutnya kita bisa menjadikan profil kita di situs microstock sebagai portofolio, jadi biasanya kita bisa dapat klien baru tanpa harus promosi. karna situs microstcok ini cakupanya Global. bukan cuma di satu negara saja..

jadi buatlah karya yang bagus & menarik buat portofolio kalian.

SEDIKIT TIPS

Earning shutterstock
Biar semangat :v , Ini earning dari salah satu temen yang jadi contributor juga!

Kalau saya pribadi, punya 2 tipe akun seperti ini :

  • Satu akun dengan tipe ke Kualitas (sebagai portofolio kita, jadi isinya karya-karya yang menurut saya bagus.
  • Dan yang kedua, saya buatkan akun yang fokus ke kuantitas sebagai pasif income (biasanya saya pake untuk ngejar target, atau trend-trend terbaru). 
Kalian juga dapat join ke forum - forum atau grup tentang microstock, disana kalian bisa bertanya-tanya atau biasanya liat suhu share gajian pertama :v buat motivasi pemula seperti saya ini wkwk..

Next mungkin saya akan membagikan rekomendasi situsnya yang juga saya gunakan, jadi di tunggu aja.

Nah Beberapa hal yang sudah saya sampaikan di awal sampe akhir semoga dapat pelajari, dan disini saya juga masih perlu banyak belajar. jadi kalau ada salah, harap di maklumi aja yah. Yuk Baca : 11 Rekomendasi Situs Microstock Terbaik!


Akhir Kata,

Sekian sedikit informasi dan tips mengenai topik Microstock yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat di akhir tahun 2021 ini, 

Tetap Semangat.. kalian harus nyoba dan cari tahu sendiri,.. biar lebih berasa senang susahnya, yang tentunya juga jadi pengalaman tambahan hehe..
Diwan WR
Diwan WR Hanya seorang pemuda yang haus akan Ilmu, Hobi mencari hal baru serta mempelajarinya, selagi masih hidup ea :D