Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Skala dan Proporsi dalam Arsitektur, Beserta Contohnya!!

Skala dan Proporsi dalam Arsitektur - Kali ini saya ingin berbagi serta membahas tentang Skala dan Proporsi, mungkin bagi sebagian teman - teman sudah paham dengan perbedaan dari kedua hal ini.

Skala dan proporsi dalam arsitektur - uyepedia

Jadi singkat cerita, ini juga termasuk dalam pembahasan materi kuliah stupa ane, kebetulan waktu itu minggu depanya libur jadi langsung di bahas singkat oleh dosenya. Kalo gmau baca cerita pengalaman ane, skip langsung ke pembahasanya aja gan :D

Dan yang namanya kuliah online pasti ane ada beberapa kendala wkwk, mulai dari jaringan, waktu dll. Jadi, sebelumnya saya juga kurang paham dan memilih untuk mencari referensi lain. Akhirnya, setelah beberapa kali search ketemu dengan dosen dari fakultas lain. Nah disitulah saya di jelasin mengenai skala dan proporsi. Oke lanjut ke pembahasanya langsung!

Apa itu Skala?

Skala Merupakan ukuran atau tingkat proporsi tertentu, biasanya dinilai
berdasarkan standar atau acuan tertentu untuk
menetapkan pengukuran dan dimensi-dimensi,

Apa itu Proporsi?

Sedangkan Proposi adalah hubungan perbandingan yang tepat atau harmonis dari satu bagian ke bagian lainnya secara keseluruhan
berkenaan dengan besaran, kuantitas, atau tingkat

Kedua Penjelasan di atas di ambil dari referensi Buku D.K. Ching, kalian bisa Beli buku ini, salah satu buku yang membahasi bentuk, ruang dan tatan dalam arsitektur.

Namun, untuk lebih jelasnya ane akan coba jelasin dalam bentuk analoginya langsung nih :

Jadi Proporsi itu singkatnya, perbandingan yang menggunakan satu objek dari bagian objek tersebut. seperti analoginya gedung 3 lantai yang memiliki ukuran yang sama, jadi proporsinya 1 : 3, seperti gambar diatas! Menggunakan proporsi modular

Sedangkan skala dalam arsitektur sendiri bisa di artikan, perbandingan berdasarkan acuan tertentu.


Owh iya, skala juga ada skala angka, seperti 1:10, 1:20, 1:50, 1:10 yang berarti perbandingan ukruan asli dengan yang di gambar atau sebagainya, 

contoh 1:50, umumnya skala ini menggunakan satuan Cm (Centimeter) yang menyesuaikan ukuran kertas, jadi 50 cm di gambar = 1m pada ukuran aslinya.

Ada berbagai macam bentuk skala ada skala batang atau grafis , skala verbal dan yang umum digunakan yaitu skala angka.

Skala Batang
Contoh skala Grafis/Batang


Skala Manusia (Human Scale)

skala manusiawi Dalam dunia arsitektur dapat digunakan untuk merancang sebuah bangunan/ruang. Skala dan proporsi ini sangatlah penting terutama skala suatu objek dengan dimensi tubuh manusia terhadap suatu ruang.

Dimana ruang sendiri akan bisa memberi kesan/rasa yang berbeda dengan skala yang berbeda, berikut ini adalah macam - macam skala manusia dalam ruang arsitektur:

1. Skala Akrab

Pada skala ini, kita dapat merasakan suasana akrab dan nyaman pada saat di dalam ruang tertentu

2. Skala Normal

Dalam hal ini suasana "normal" terjadi karena penyesuaian yang "wajar" antara ukuran ruang dan kegiatan di dalamnya, berdasarkan kenyamanan jasmani dan rohani.

3. Skala Megah

Jika kita berada dalam suatu ruangan tertentu dan kita dapat merasakan "Megah" nya suatu ruangan/bangunan, itu merupakan skala megah yang di hasilkan ruang itu terhadap dimensi tubuh kita saat berada disitu.

4. Skala Monumental

Suasana yang membuat manusia sulit merasakan pertalian dirinya dengan ruang. Dari gambar di atas kita juga bisa merasakanya langsung untuk tahu arti dari skala monumental ini. 

Baca juga : 4 Hal yang perlu di perhatikan Sebelum merancang rumah 


Referensi Gambar Contoh Proporsi dalam Arsitektur

Dalam proporsi juga terdapat 2 macam tehnik/cara, yaitu Golden Section Ratio dan Modular

1. Proporsi Modular




2. Proporsi dalam bentuk Golden Section Ratio

contoh gambar Proporsi golden section ratio


Contoh penerapan Skala Ruang dalam arsitektur

1. Contoh Skala ruang Akrab

Untuk skala akrab/intim seperti gambar di atas kalian bisa merasakannya langsung. Mungkin untuk ruang - ruang yang lebih sempit dan hanya untuk melakukan aktifitas - aktifitas tertentu seperti lorong, koridor pada bioskop, dan ruangan yang hampir sama lainya.


2. Contoh Skala Ruang Normal

Untuk skala normal, seperti penjelasan sebelumnya kita bisa leluasa berada dalam ruang tersebut baik untuk beraktifitas atau melakukan hal lainya.

3. Contoh Skala ruang Megah 

Nah, yang ini kurang lebihnya kalian bisa melihat sendiri yach

4. Contoh Skala Ruang Monumental

Kalau yang ini sepertinya, lebih ke perasaan kalian. Ketika berada di posisi orang - orang di gambar

Contoh Maket yang menerapkan Proporsi dan Skala manusia

Source:https://br.pinterest.com/


Oke, disini sekalian mau cerita juga gan :D wkwk, ini  ada salah satu maket saya tepatnya tugas minggu ke 4 kuliah kalo g salah,.. kebetulan masa pandemic kk gini, jadi lumayan sulit terutama buat nyari bahanya. jadi buat maket seadanya aja. 

Maap backgroundya ini versi deadline banget, jadi yang penting kefoto dulu :v

Nah, ini maket tugas rumah pertama buat 3D, waktu itu seperti yang sudah saya ceritakan di awal.

Untuk di alas paling bawah. Aku pake Prinsip penyusunan Radial Skala , yang tengahnya terpusat, Kalo yang paling atas lebih ke Cluster.. Dan dengan lebih menerapkan Prinsip Unity Deversity biar kelihatan mangkin mantaps.. Akun mengambil Pola Lebih ke Spiral Lancip - Lancip gitu cuy wkwk

Sebenernya ini juga belum sepenuhnya jadi, tapi udah alhamdulillah banget.. Bisa di terima dosenya dengan baik.. 

Walau menurut kalian ini gk seberapa di bandingkan karya teman - teman lainya. Bagiku ini berharga, Terutama di balik behind scene pembuatanya wkwk :)

dan yang penting udah Ngumpul dan bersyukur sekali bisa beres walau telat wkwkw.. Logbook yang rencananya mau buat sketsa 3D malah g selesai. Heeh.. Mungkin aku harus lebih banyak belajar membagi waktu juga.

Kalo ini juga punya cerita, Ini tugas Uts Semester 1 Disusruh Buat dekorasi kamar, Yah, ini yang paling cape sih, push rank dalam sehari Full.

Pagi hari kena Ngecat dinding dulu :v, beli peralatan +  karna di kamarku gada pajangan atau apa gitu, yang mendukung buat jadi bahan dekor, jadi yah buat "Poster". Ini aku buat pake Canva, kasih kata - kata favorite terutama yang membahas "Design Thinking" dengan Emphaty. 

Sebenarnya ini kurang, Tapi apalah daya, maket yang harusnya dari M1-M7 di pajang malah cuman 4 doang yang ku panjang.

Bukan karna gk menarik tapi.. ("yang lain kemana bang?? Udah lenyap slur...")

Ada sedikit Quotes nih Terutama Buat diriku sendiri!
" Hargailah sesuatu karya, hasil dari usahamu.. walau itu tidak seberapa, tapi ingatlah semua itu sangat berarti. Jika itu tidak seperti yang kamu inginkanpun, kamu bisa belajar lebih baik lagi dari sebelumnya."

 

Owh iya, kalo kalian nemu artikel ini pengen baca yang bagian penjelasanya aja, kalian boleh skip ceritanya.. ini cuma buat kenangan bagiku suatu saat membaca artikel ini lagi. Semoga bermanfaat... 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Skala dan Proporsi dalam dunia arsitektur, yang pastinya ini sangat berguna skali, terutama untuk merancang sebuah ruangan, kita dapat membuat suasana tersendiri pada ruangan yang kita rancang dan tentunya sesuai proporsi juga.


Tetap jaga kesehatan kalian, dan semangat.. Saya do'akan semoga kalian bisa paham dan memanfaatkanya lebih baik lagi.. Jika ada yang mau di tanyakan boleh Komen, atau DM ig :@diwan31xtc :)
Diwan WR
Diwan WR Hanya seorang pemuda yang haus akan Ilmu, Hobi mencari hal baru serta mempelajarinya, selagi masih hidup ea :D