Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Merancang Rumah !

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Merancang Rumah - Agar hasilnya memuaskan dan sesuai dengan yang diiinginkan Owner/Principal (calon pemiliknya). Terutama untuk kenyaman pengguna rumah yang kita rancang tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Merancang Rumah !

Bagi kita sebagai perencanan tentunya ingin hasil karya kita memuaskan para principal/calon penghuni rumah yang akan kita rancang, disini kita akan berbagi mengenai hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu sebelum memulai merancangnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Merancang Rumah

Berikut adalah hal - hal yang perlu kita lakukan atau ketahui dahulu sebelum memulainya :

1. Mengetahui Keinginan Owner

Hal pertama ini sangat penting untuk di ingat, karna disini yang ingin kita rancang adalah keinginan mereka yang kita terapkan dalam bentuk desain bertujuan untuk memuaskan mereka adalah no 1, jadi pertama kita harus memahami keinginan owner tersebut,.
Bagaimana caranya?
kalian bisa mengetahuinya dengan wawancara, ada banyak hal yang harus kalian tanyakan yang itu akan berpengaruh sekali terhadap rancangan kita nanti. Hal ini biasanya kita sebut dengan mengenal lebih dalam tentang diri dari calon owner itu mulai dari hobi,warna kesukaan,dll nanti kita bahas di artikel selanjutnya lebih lengkap tentang ini.

2. Melihat/Survey Terhadap Lingkungan Pembangunan 

Survey ke lokasi yang akan di bangun ini juga kita perlukan untuk menyesuaikan rancangan kita terhadap lingkungan sekitar, sebab ini berlaku salah satunya untuk tema dari rancangan eksterior nanti, seperti contohnya lingkungan pembagunannya masih alami disini kita bisa menerapkan konsep rancangan kita dengan lingkungan sekitar dan kemudian menawarkan konsep yang cocok tersebut kepada owner tersebut.

3. Tata Ruang yang Cocok

Tata ruang merupakan wujud ruang ditata/pola ruang, yang dimaksutkan dalam hal yang ketiga ini adalah bagaimana pola ruang yang sesuai dengan keinginan owner dan menyesuaikan dengan hal yang ke dua tadi, dan pemanfaatan ruang yang tepat sebelum memulai rancangan rumah.

4. Estetika ( Interior dan Eksterior)

Ketika selesai menemukan tata ruang yang cocok hal berikutnya kita harus menyesuaikan estetika dari bangunan yang diinginkan oleh owner itu, termasuk menyesuaikan dengan konsep yang sudah kita bahas di hal no dua tadi, yaitu konsep yang menyesuaikan dengan hal sekitar lokasi tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel kita kali ini yang membahas hal yang harus di perhatikan ketika sebelum ingin merancang sebuah bangunan terutama bagi teman - teman yang masih ingin mengenal lebih jauh tentang arsitektur disini. mungkin hal ini sudah di ketahui para master yang sudah jauh ilmunya di bandingkan saya,

artikel ini saya bagikan untuk teman - teman yang masih belajar seperti saya yah. terimakasih semoga bermanfaat dan jangan lupa tunggu updatetan artikel seputar arsitektur disini ya.