Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogger atau Wordpress? Sharing Pengalaman Blogging

"Assalamuallaikum, selamat sore bor.. gimana kabar kalian??" semoga yang mampir sehat selalu yah...

Blogger atau  Wordpress? Share Pengalaman Blogging


udah lama ga buat artikel di blog ini :D, terakhir kalo ga salah awal tahun 2020, niatnya di blog ini sih buat sharing tentang arsitektur karna saya suka dan sedang menempuh pendidikan di bidang itu.

Namun setelah dipikir - pikir lagi sepertinya di blog ini mau dijadiin temapt sharing semuanya aja dah :v khususnya pengalaman yang bermanfaat, seperti sesuai judul, saya mau review dan sharing pengalaman ngeblog pake kedua CMS yang sangat disukai para blogger.

Blogger atau Wordpress? mending pake yang mana? Hmmm...

Sebelum itu kita bahas dulu satu - satu!

Owh iya banyak nih yang ga paham arti dari blog sama blogger dan Blogger.com.


Apa itu Blogger?

Duh, disini juga bisa dibilang ada dua jawaban, tapi bakalan saya coba jelasin semua.

Blogger : yang pertama blogger disini bisa dibilang orang yang ngeblog baik dari cms blogger.com, wordpress.org, atau yang lainya.

Blogger.com : Nah, kalo yang ini Platfrom CMS (Content Managing System) yang digunakan untuk mengelola web blog tersebut. 

Gimana udah paham? seperti contohnya blog uyepedia.net ini saya menggunakan cms dari Blogger.com. 

hanya saja domainya udah di custom. Baru september kemarin perpanjangnya, yang lumayan ribet karna ane transfer, next mungkin akan buat tutorial transfer domain dari beda tempat registar.


Apa itu Wordpress?

Berikutnya, ada salah satu Platform buat blog juga, tapi ada versi gratisan dan berbayar. Oke akan ane jelasin semuanya juga nih :

Wordpress.com : ini bisa kita gunakan untuk ngeblog sama seperti blogger.com tapi disini kurang bebas dan kurang gud ane rasa, tapi sesuai karena ini gratisan.

Wordpress.com : Nah kalau Cms dari Wordpress oreg satu ini memang disediakan untuk kamu yang pengen serius buat ngelola blog, disini kita lebih leluasa mengelola membuat blog sesuai keinginan kita. Tentunya ini versi berbayar, dan kita perlu modal Hosting dan Domain. 

Pengalaman Ngeblog menggunakan Blogger.com

Yup,,. udah lama pengen bikin thread ini selain buat kenang - kenangan, mau sedikit berbagi pengalaman.. ane ngeblog pertama 2013-2014 an, diwarnet.

Duh jadi keinget di warnet siang - siang, pake baju kaos bola, bosen maen game mulu. terus ngetik di google "Cara Mendapat Uang dari Internet".

nah disitu ada banyak sekali artikel - artikel yang keluar, keinget ane ada "CPA,CPC,PCC" Waktu itu gk paham sama sekali cuk.. 

dan akhirnya ada yang membuat ane tertarik yaitu kata - kata "menghasilkan uang dengan Blogging" Nah dari situ juga gua mulai penasaran, dan dulu waktu kecil, nanya sama emak, "mak, www itu apaan?" dijawab mak ane, "web". dari situ juga ane penasaran gimana orang bisa membuat kk gtu (website).. padahal masih kecil pake hp nokia symbian lama :v.
wkwkw, dan sekarang alhamdulillah udah paham semua itu walau gk menguasai semuanya. kalo kata sensei ane yang ngajarin ngoding pertama, cukup tau aja gk usah diterusin..
2014-sekarang ane masih make ini cms, pertama ya karna gratis + mudah di pake. dan udh populer juga digunakan. walau dulu ada yang namanya wywapblog,dll

Singkatnya menurut ane kelebihan blogger.com
  • Milik google (silahkan baca sejarahnya di google)
  • Free, alias gratis, untuk platfrom ini semua fiturnya gratis, tapi kalo mau maksimal kita bisa custom dengan beli domain, theme preniumnya saja.
  • Unlimited, Gada batasan bandwidth, unlimited storage jadi gk perlu mikir masalah web down/lelet, kecuali kamu custom tampilan yang gk jelas yang justru malah ngaruh ke speed loading blog.
  • Aman sentosa, nah kalo yang ini ane suka, google selaku dev blogger.com untuk tingkat kemananya sangat tinggi, jadi kalian bisa santai gk usah mikir soal ke-hack, tapi bisa juga, hmm dari pihak ketika bkn dri bloggerya langsung, seperti kalo kalian custom domain, dan domainya di soceng ke pihak registarnya. pengalaman :v, ini teknik rayuan maut, gk perlu ane bahas..
  • Bisa di monetize adsense walau domainya gratisan. blogspot.com.
Sebenernya masih banyak, ini sedikit yang menurut ane kelebihanya sih, kalian bisa baca referensi detailnya di google. 

Pengalaman Ngeblog Menggunakan Wordpress

Pengalaman pertama pindah ke wordpress

Oke, selanjutnya cms yang rata - rata di make mastah, yup wordpress, tapi disini yang ane bahas dari wordpress.org versi berbayarnya, ya karna mau serius ngeblog.

Sebenernya banyak sih selain buat web Blog cms wordpress juga bisa gunakan mengelola dan membuat website (non - blog), seperti pengalaman pernah ngelola web film, tools, dengan cms ini, tapi fokus ke pengalaman ane ngeblogging aja. 

Mulai nyoba wordpress masih baru sih, tapi make/ngelolanya udh pernah 2017 waktu suka maen deface, pepes web org :v taunya cmn upload shell tapi gtau sama fitur lainya.

Oke langsung ae, maksutnya kalo ngelola sendiri ini yang masih baru, pertama ane beli hosting buat ngeblog, ini karna ane penasaran dan banyak yang bilang kalo pake wordpress itu enak dan buat yang mau serius nyari cuan dari blog cocok. Baca Juga Cara menghilangkan Title Blog di judul artikel ketika di publish

Dari situ ane mulai beli shared hosting di tempat temen, selain itu ane biar ane bisa tanya - tanya ke orang nya :v + dapet bonus katanya, walau kknya dia lagi banyak kerjaan, kalo lu baca ini yamaap ngerepotinn mang hehe. 
Kalau mau beli langsung gas ke Darhostmedia

ane beli hosting dan domain buat ngelola salah satu blog nice Game milik ane yang udah aprove ads, disitu karna pengen serius dan emang buat  money site, jadi ane mulai berpikir serius ngeluar modal yang lumayan buat optimasinya. 

Blogger atau  Wordpress? Share Pengalaman Blogging


Awalnya emang susah + gak paham make ni cms :v
Lama - lama ajg (asyik juga) ternyata... 

dan yang bwt ane binggung  karna ini ane migrasi data dari blogger ke wordpress, untung ane di panduin temen, dan alhamdulillah jadi, tapi belum 100% ane bermasalah di permalink, yang dimana ini juga pengaruh buat seo, dan harus reindexing ke google cse. 

Jadi bagi ane yang langsung terjun yah gtu, setelah tiga hari berlalu + optimasi artikel pake plugin yoast, reindex, + pasang redirect akhirnya kelar. 

Malemnya langsung nyoba buat artikel baru, alhasil banyak perubahan dan optimasinya lebih enak, dari ane yang selama ini ngeblog cuma pake blogger gratisan.

Selang beberapa waktu, hasilnya lebih kerasa, mulai dari trafik yang lumayan naik terus, hingga banyak sekali yang saya rasakan, apalagi dimudahkan dengan tools, tools plugin yang tinggal install buat optimasi jadi lebih sedap negblognya.

Kesimpulan


Mungkin gak perlu panjang - panjang ane jelasin spesifikasi, kelebihan dan kekuranganya, kalo mau yang lebih detail searching aja, ini menurut pengalaman ane aja. 

Jadi menurut ane buat negblog lebih Milih "Wordpress" kalo mau serius dan tentunya mau mengeluarkan uang buat modal dasar hosting dan domain. 

Tetapi blogger tetap di hati kok,.. 
Karna emang udah familiar dan banyak kenangan juga jadi tetep suka pake blogger.
"Salah satunya kk blog ini. emang sengaja, mungkin sampai nanti juga gk bakalan ane pindahin ke wordpress. Karna ini blog bukan buat moneysite, cuma mau dijadiin blog kesayangan, yang bisa untuk berbagi hal bermanfaat."
Terakhir, Kalo mau kalian mau ngeblog untuk hanya sekedar nyoba/suka nulis, mau nyari penghasilan sampingan juga bisa pke Blogger.com dulu...


Kalo mau serius, yah saran langsung pake wordpress...

Sekarang semua web blog yang saya fokusin pindah ke wordpress, kecuali 1 blog ini buat kenangan saya bersama blogger.com :)

Akhir Kata,

Oke sekian dulu artikel kali ini yang membahas sedikit pengalaman ngeblog menggunakan blogger dan wordpress, semoga bermanfaat.. kalau ada salah kata atau kesalahan mohon maaf, jika ada yang mau di tanyakan silahkan Komen/DM ke IG saya aja..

woke terimakasih telah mampir, wassalamuallaikum.
Diwan WR
Diwan WR Hanya seorang pemuda yang haus akan Ilmu, Hobi mencari hal baru serta mempelajarinya, selagi masih hidup ea :D